Selasa, 09 Agustus 2011

0 Menangkal Netcut dengan Netcut

Netcut
Program Netcut
Kurang ajar betul mereka. Sudah hampir sejam saya browsing dan bermain FB, tiba-tiba saja koneksi internet laptopku terputus. Padahal sinyal yang diterima very good dan terkoneksi. Sepertinya ada yang ganjil dalam hal ini.
Kecurigaanku ternyata benar. Mereka, entah siapa yang jelas mahasiswa, memakai program Netcut untuk memutus koneksi internet saya. Sempat juga panik karena saya lagi chating dengan teman samping rumah yang memberitakan ada kebakaran di dekat kompleks kami. Langsung saja saya cari akal untuk menangkal kejahilan mereka.
Cara paling ampuh menurut saya adalah dengan meng-install juga program Netcut pada laptop teman yang sedang saya pinjam ketika itu. Ada juga yang menyarankan bahwa untuk menangkalnya perlu digunakan Anti Netcut yang bisa di download bebas di internet. Namun menurut saya, itu tidak mengatasi kejahilan mereka. Itu hanya akan mengamankan saya dari “cut-cut” mereka. Cara yang paling cocok menurut saya adalah dengan melawan kejahilan versus kejahilan. Dan juga perlu diketahui bahwa di program Netcut tersebut terdapat fasilitas untuk melindungi koneksi laptop kamu dari serangan Netcut orang jahil. Jadi program ini juga bisa untuk melindungi koneksi kamu, selain “menjahili” orang lain :D
Setelah selesai meng-install program tersebut, saya coba connect kembali ke wifi tersebut dan melihat alamat IP yang terpasang secara otomatis. Setelah menemukan alamat IP otomatis untuk laptop yang sedang saya pakai, langsung saja saya ubah alamat IP tersebut secara manual kemudian menjalankan program Netcut. Walhasil koneksi pun kembali normal. Namun, karena saya orang baik, saya tidak meng-cut mereka. Karena saya tahu, mereka itu orang-orang yang tidak mampu untuk berbagi, sedangkan saya ini orang yang berbeda :D
Btw, bagi kalian yang mau tahu bagaimana cara saya menangkalnya, di bawah ini adalah caranya yang disertai dengan gambar:
1. Klik kanan ikon Wireless yang ada di bagian kanan bawah desktop, kemudian pilih status (perlu diketahui bahwa kamu harus terkoneksi dulu dengan wireless dimana kamu tadi di-cut oleh orang-orang jahil tersebut)

2. Akan muncul kotak seperti gambar di bawah ini. Di bagian atasnya, kamu klik support.

3. Di bagian support kamu akan melihat IP Address otomatis kamu. Catat baik-baik IP Adress tersebut beserta Subnet Mask dan Default Gateway-nya

4. Selanjutnya kamu kembali ke kotak awal dengan meng-klik tab General di samping tab Support, dan di bawahnya kamu klik Properties.
5. Kamu akan melihat kotak baru lagi (seperti gambar di bawah ini), kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP) dengan cara klik dobel.

6. Akan muncul kotak baru lagi (seperti gambar di bawah ini). Nah! Di sinilah kamu memasukkan IP Address secara manual dengan mengganti angka kolom empat dari IP address otomatis yang kamu dapatkan. Misalnya IP address otomatis saya pada gambar adalah 172.168.1.51 dan saya menggantinya menjadi 172.168.1.3 (kamu boleh menggantinya secara manual dalam range 2 s/d 254)

7. Setelah IP Address tersebut terpasang, begitu pun dengan Subnet Mask dan Default Gateway-nya, saya tutup semuanya dengan meng-klik OK pada bagian bawah kotak. Nantinya ikon wireless di sebelah kanan bawah dekstop kamu akan melakukan proses ulang untuk menyetujui IP baru kamu.
8. Barulah saya jalankan program Netcut.
9. Centang kotak kecil bagian atas di samping tulisan Protected My Computer. Hal ini untuk melindungi kamu dari orang-orang jahil atau dari kejahilan kamu sendiri karena meng-cut IP sendiri :D

10. Di bagian bawah, kamu bisa melihat beberapa IP address termasuk IP kamu dan IP dari alat wireless tempat kamu melakukan koneksi. Untuk meng-cut-nya, pilih IP addressnya dan klik Cut off di bagian atas. Kalau mau mengembalikannya, pilih kembali IP tersebut dan klik resume.

11. Dan ini yang terpenting. Jangan sekali-kali kamu putus IP adress alat wireless tempat kamu melakukan koneksi. Mengapa? Karena bisa-bisa kamu juga tidak akan lagi menikmati koneksi internet gratisnya :D (umumnya IP Address alat koneksi kolom angka keempatnya berakhiran 1, misalnya 172.168.1.1)
Okey kawan!? Sulit khan caranya?! :D
Meskipun sulit, tapi tetaplah berjuang melawan kejahilan mereka. Cayooo!!!! 3:D
Klik ikon di bawah ini untuk men-download program Netcut

0 komentar:

Posting Komentar